top

Cara Membuat Minyak Rambut Pomade Sendiri Dirumah

ARTICLE POST
-

Awal yang baik untuk membuat pomade bagi pemula adalah dengan menggunakan bahan wax (beeswax, microcrystalline wax), Petroleum jelly, dan Scent. Sedangkan untuk mendapatkan formula pomade dan hasil yang baik dengan menggunakan bahan-bahan tersebut membutuhkan ekperimen dan percobaan, Ingatlah untuk mencatat semua proses yang kalian buat, dari cara mencampur dan yang terpenting adalah berapa jumlah takaran yang dipakai pada setiap bahannya.
cara membuat minyak rambut pomade
Cara Membuat Pomade
Aturan yang umum dalam membuat minyak rambut pomade yang bagus, adalah dengan mencampur tiga bahan utama untuk menghasilakan daya rekat yang baik pada pomade. Kalian juga dapat menambahakan bahan selain dari bahan utama dalam membuat pomade, silahkan berkreasi sendiri untuk mendapatkan hasil yang baik, tidak ada batasan untuk bahan yang akan kalian pakai atau tambahkan.

Formula Utama Pembuatan Minyak Rambut Pomade

Petroleum Jelly atau Petroleum-free sebagai alternatif seperti Castrolatum atau Lanolin. Wax seperti Parafin Wax, Bees Wax, Candelilla Wax, atau bahan lainnya seperti Jojoba Oil, Olive Oil, Caster Oil dll.

Takaran dan jumlah racikan dari bahan-bahan pembuatan pomade ini akan secara drastis mempengaruhi hasil akhir produk pomade kalian, jadi saya sarankan untuk mencatat semua aktifitas yang kalian buat untuk membuat pomade di rumah. Saya akan memberikan formula dasar untuk membuat minyak rambut pomade oilbased dengan bahan-bahan dan takaran sebagai berikut.

70 Grams / 2.4oz Petroleum atau Petroleum Free sebagai alternatif.
25 Grams / 0.8oz Wax (beeswax, microcrystalline wax)
5 Grams / 0.1oz oil
Dan beri 5% scent untuk campuran.

Tahapan Cara Membuat Minyak Rambut Pomade

Untuk membuat pomade kalian membutuhkan double boiler. Yang mana panci pertama diisi dengan air panas (mendidi), dan diatasnya dikasi wadah yang tahan panas, yang nantinya wadah ini akan kita gunakan untuk mencampur bahan pomade. Wadah yang diatasnya akan mendapatkan panas yang medium, teknik double boilder ini merupakan cara atau teknik yang sama dalam melelehkan coklat batangan. Jadi kalian akan meramu pomade di pot yang atas. Terserah mau disaat wadah masi dingin atau sudah panas, bereksperimenlah.

cara doubleboiler
Cara Kerja Double boiler
Tidak ada panduan yang baku dalam menambahkan urutan bahan, tapi biasanya diawali dengan Petroleum, diikuti oleh wax, dan terakhir Oil. Pastikan agar bahan-bahan tersebut tercampur dengan baik. Jika sudah tercampur dengan baik, ambil pot yang ada campuran formula kalian dan dinginkan sebentar sebelum memasukan aroma atau scent, jika kalian menambahan scent sewaktu mixture masi panas maka scent akan terbakar dan dipastikan aromanya tidak akan keluar. Pastikan untuk mengaduk kembali stelah scent ditambahakan dalam mixture.

cara doubleboiler
Ilustrasi doubleboiler
Sebelum campuran pomade kalian mengeras tuangkan dalam wadah yang bersih. Biarkan minyak rambut pomade buatan kalian sendiri ini mengeras, jangan sekali-kali memasukan jari kalian didalamnya sampai benar-benar mengeras, biasanya diperlukan semalaman untuk membuat pomade ini keras.

Kalian sebenarnya juga bisa menambahan warna pada minyak rambut pomade yang kalian racik sendiri. Caranya dengan menambahkan pewarna yang aman, sebelum menambahakan scent (pewangi).

Tips :
- Cobalah untuk membuat formula yang Original.
- Selalu mencatat semuah aktifitas yang kalian lakukan.
- Jangan takut dan ragu-ragu dalam bereksperimen.

Demikian cara untuk membuat minyak rambut pomade sendiri dirumah. Jika kalian merasa formula diatas tidak sesuai dengan yang kalian harapkan, maka cobalah untuk membuat formula sendiri, mulai dari nol. jangan lupa untuk menanyakan pendapat orang lain dengan pomade buatan kalian, dan jangan terprofokasi dengan apa yang mereka katakan, tapi buatlah setiap kritikan menjadi dorongan untuk membuat pomade yang lebih baik. Selamat mencoba :)
Description
Reviews
SAME DAY SHIPPING
Pengiriman langsung dilakukan pada hari pemesanan
Copyright © 2015.
Minyak Rambut Pomade Allright reserved.
Proudly by Blogger